Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Pacitan Kelas 1B

Jln. K.S. Tubun No.09 Pacitan Telepon (0357) 884345 | Email : papacitan@gmail.com

Pembukaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa IAIN Ponorogo

Pembukaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa IAIN Ponorogo

Senin, 21 Januari 2019 pukul 14.00 Wib bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan diadakan acara Pembukaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa yang mana Pengadilan Agama Pacitan kembali menjadi tuan rumah observasi dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari beberapa kampus di Jawa Timur, dan kali ini kesempatan mahasiswa IAIN Ponorogo Fakultas Syariah Jurusan Hukum Ekonomi Syariah untuk menimba ilmu.

PPL ini terlaksana sejak tanggal 21 Januari 2019 hingga tanggal 08 Februari 2019 nanti. Acara pembukaan dihadiri oleh perwakilan unsur Pimpinan Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan dalam hal ini oleh Drs. H. Ahmad Rasyidi,MH dan Drs.Faisol Chadid,SH serta seluruh karyawan PA Kabupaten Pacitan.Sedangkan perwakilan kampus IAIN Ponorogo dihadiri oleh Lukman Santoso,M.H selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan tak lupa mahasiswa peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang berjumlah 13 orang.

Mengawali acara pembukaan, Dosen Pembimbing Lapangan menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menghaturkan rasa terimakasih kepada Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan atas diterima dan diizinkannya penyelenggaraan PPL di PA Kabupaten Pacitan sebagai bahan pembelajaran bagi para peserta PPL, juga dalam rangka mengemban tugas Perguruan Tinggi sebagaimana tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.Beliau juga menyampaikan pendahuluan permintaan maaf apabila nantinya para peserta PPL melakukan banyak kesalahan ataupun ketidak  sesuaian dengan aturan yang ada di PA Kabupaten Pacitan selama berlangsungnya kegiatan PPL.

Selanjutnya Drs. H. Ahmad Rasyidi MH. sebagai perwakilan unsur pimpinan PA Pacitan menyampaikan sambutan. Beliau menerima kedatangan dan kehadiran para peserta PPL di PA Kabupaten Pacitan dengan tangan terbuka, dan berharap para peserta dapat belajar dan menyerap ilmu secara maksimal,serta mampu menguasai materi mulai dari yang berhubungan dengan resepsionis hingga sampainya berkas ke persidangan, dan nantinya dapat mempraktikannya dalam sidang semu, tentu dengan penerapan kedisplinan dan keaktifan belajar yang tinggi.

Para peserta juga berharap, setelah PPL selesai dapat menghasilkan output yang berdaya guna dan memiliki kompetensi yang jelas setelah menyelesaikan studi di Fakultas Syariah IAIN Ponorogo.