Seputar Peradilan

 

Pada hari Kamis, 11 Ramadhan 1440 H./16 Mei 2019 M. Pengadilan Agama Pacitan laksanakan acara “Haflah Khotmil Qur’an Dirangkaikan Buka Puasa Bersama Dan Shalat Tarawih” 

Hadir dalam acara tersebut seluruh unsur pimpinan, para hakim dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Pacitan termasuk pegawai kontrak tanpa kecuali hadir pula Mediator dan tenaga Posbakum, masing-masing mengikutsertakan keluarga (suami/isteri dan anak-anak) sehingga acara berlangsung sangat meriah;

Acara “Haflah Khotmil Qur’an dan Shalat Tarawih” dilaksanakan di Masjid Al-Mahkamah, sementara itu untuk acara “Buka Puasa Bersama” dilaksanakan di ruang tunngu sidang Pengadilan Agama Pacitan.

Acara di awali dengan pembacaan do’a khotmil Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan sekalugus taushiyah oleh Ketua Pengadilan Agama Pacitan Drs. H. Sumarwan, MH. Dalam sambutannya ketua menegaskan bahwa tujuan dilaksanakannya acara ini adalah Untuk memperererat tali shilaturrahim di kalangan keluarga besar Pengadilan  Agama Pacitan, agar lebih saling mengenal dan lebih akrab antara satu dengan lainnya. Lebih lanjut Drs.H. Sumarwan, M.H., dalam taushiyahnya menyampaikan tentang tujuan dihadirkannya bulan suci ramadhan untuk umat muslim yang diantaranya adalah untuk membentuk pribadi mukmin yang bertaqwa yang   diantara cirinya :

  1. Terbinanya keshalehan personal dalam bentuk ketundukpatuhan dan ketaatan seorang hamba kepada sang Maha Pencipta Allah SWT.   yang tercermin dalam sikap jujur, sabar dan ihlas di segala tempat dalam segala situasi, kondisi dan keadaan;
  2. Terbinanya keshalehan social dalam bentuk kepekaan dan kepedualian social  seorang terhadap kondisi lingkungan sekitar (tetangga, sanak kerabat yang papa dan kurang berada dan anak yatim/piatu).

Setelah azan maghrib tiba, Ketua PA mengakhiri taushiyanya  dengan mengajak hadirin berdo’a besama sebelum menikmati  ta’jil buka yang  dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah di masjid al mahkamah. Usai shalat maghrib berjam’ah kemudian dalam jalinan kebersamaan yang santai dan penuh keakraban  para hadirin menikmati buka puasa yang telah tersedia di ruang tunggu sidang Pengadilan Agama Pacitan, kemudian acara diakhiri dengan shalat Isya’ dan shalat tarawih berjamaah.